Rabu, 1 Februari 2023

MK tolak Legalisasi Ganja untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Jakarta, Kabarin.id Mahkamah Konstitusi (MK) menolak legalisasi penggunaan ganja medis untuk kesehatan dengan alasan hal itu adalah kewenangan DPR dan pemerintah. Dalam pertimbangannya, MK meminta pemerintah segera bikin riset ganja untuk kesehatan.

BeritaTerkait

“Dengan demikian, melalui putusan a quo, Mahkamah perlu menegaskan agar pemerintah segera menindaklanjuti Putusan a quo berkenaan dengan pengkajian dan penelitian jenis narkotika Golongan I untuk keperluan pelayanan kesehatan dan/atau terapi, yang hasilnya dapat digunakan dalam menentukan kebijakan, termasuk dalam hal ini dimungkinkannya perubahan undang-undang oleh pembentuk undang-undang guna mengakomodir kebutuhan dimaksud,” demikian bunyi putusan MK yang dibacakan bergantian oleh 9 hakim MK dalam sidang di gedung MK yang disiarkan live dari channel YouTube MK, Rabu (20/7/2022).

Sebab, penyerahan kewenangan oleh MK kepada pembentuk undang-undang didasarkan karena UU 35/2009 a quo tidak hanya mengatur penggolongan jenis narkotika, akan tetapi termasuk di dalamnya juga mengatur sanksi-sanksi pidana. Oleh karena terhadap undang-undang yang di dalamnya memuat substansi hal-hal yang berkenaan dengan pemidanaan (kriminalisasi/dekriminalisasi), MK dalam beberapa putusannya telah berpendirian hal-hal tersebut menjadi kewenangan pembentuk undang-undang (open legal policy).

“Sehingga, terhadap UU 35/2009 ini pun oleh karena di samping mengatur tentang pemanfaatan narkotika yang diperlukan pengaturan yang sangat rigid dan secara substansial narkotika adalah persoalan yang sangat sensitif, serta karena alasan UU 35/2009 memuat sanksi-sanksi pidana, maka cukup beralasan apabila pengaturan norma-normanya diserahkan kepada pembentuk undang-undang untuk menindaklanjutinya,” beber MK. #MK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?