Rabu, 30 November 2022

Jabatan 55 Orang Kades segera berakhir , Pemkab Nias Utara sudah menyiapkan Plt sementara sebelum Pilkades di gelar

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Nias Utara,Kabarin.Id- Tidak terasa pengabdian Kepala Desa kepada negara dalam wilayah Kabupaten Nias Utara akan segera berakhir.Hal itu diketahui ketika Kabarin.Id menghubungi Kadis PMD Kab.Nias Utara, A’aro’o Zalukhu,S.Pd.,MM diruang kerjanya Senin,(01/08/2022).

A’aro’o menjelaskan,untuk jabatan Kepala Desa yang akan habis masa jabatannya ,pihak pemerintah Kabupaten Nias Utara sudah mengusulkan pembahasan perubahan Peraturan Daerah (Ranperda-red) ke lembaga DPRD tentang Pemilihan Kepala Desa tahun 2017 .

BeritaTerkait

“Iya pak.Kita sudah ngusulkan perubahan Ranperda tentang Pilkades tahun 2017 ke DPRD.Kita tunggu persertujuan dari mereka,”harapnya.Dia mengatakan,untuk mengisi kekosongan jabatan Kades selama beberapa tahun ke depan,akan ditetap Pejabat(PJ-red) dari Pegawai Negeri Sipil” ucapnya.

Ketika disinggung terkait banyaknya oknum Kades yang sempat di non aktifkan dengan dugaan kasus dan kembali di aktifkan A’aro’o menampik hal itu. “Itu tidak masalah. Karena proses hukum tetap dijalani Kades dan tanggungjawabnya terkait desa diharapkan tetap lancar” jelasnya.

“Selain puluhan jabatan Kades memasuki masa akhir jabatan,diharapkan kepada pemerintah dan lembaga-lembaga lain agar memaksimalkan pengawas alur penggunaan dana desa agar tepat sasaran sesuai regulasi yang ada demi keadilan dan kemakmuran rakyat” Hal itu disampaikan oleh salah seorang warga masyarakat Roi-Roi Ama Ayu Zega disela-sela kesibukannya mengunjungi beberapa sekolah yang ada di kabupaten Nias Utara salah satunya SDN No.076072 Laraga Roi-Roi,Selasa(2/8/2022).

Ditambahkan Ama Ayu,dia melihat dalam beberapa tahun terakhir,ada sejumlah kasus yang terjadi di desa tentang dugaan penyalahgunaan dana.Buktinya tambah ama ayu, ada sejumlah Kades di wilayah Kabupaten Nias Utara berurusan dengan aparat penegak hukum,tambahnya. Maka dia berharap kepada pemerintah agar pejabat yang akan menggantikan posisi jabatan Kades nantinya, benar-benar orang yang punya integritas tinggi dan berkomitmen membangun desa,harapnya.(@ZG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?